Posted March 27, 2007 by arief in Agenda

Pelatihan IT – Tatakelola Jaringan Komputer dan SI

Pelatihan Teknologi Informasi
Tata Kelola Jaringan Komputer dan Sistem Informasi untuk Institusi Pemerintahan (TKJKSI, Unix/Linux Server)
(24 jam, 3 hari)

Deskripsi Pelatihan
Latar Belakang
Sistem jaringan komputer yang sudah diimplementasikan di institusi pemerintahan memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi segenap stakeholder institusi tersebut. Data-data penting dapat segera diakses melalui media komputer, laptop, telepon seluler, yang terkoneksi ke jaringan komputer tersebut.
Dari sisi hardware, komputer-komputer yang sudah terkoneksi dengan jaringan memungkinkan terjadinya sharing data antar komputer yang satu dengan komputer yang lain, atau antara komputer dengan printer, atau antara komputer dengan mesin fax. Data-data lembar kerja (worksheet) bisa dikirimkan secara langsung dari komputer tempat bekerja ke komputer lain tanpa perlu menunggu kurir. Demikian juga dengan data-data penting dapat disimpan pada komputer storage dengan akses yang lebih ketat.
Sedangkan dari sisi software/sistem informasi, data dan informasi yang diperuntukkan bagi masyarakat umum, serta agenda-agenda kegiatan bisa dipancarkan melalui portal web. Sedangkan untuk data dan informasi yang spesifik bisa tetap diberikan kepada masing-masing penanggung jawab dengan menetapkan hak akses untuk setiap kategori data. Dengan sistem informasi ini, data-data penting bisa langsung di-update dari pengumpul-pengumpul data secara realtime. sehingga pemangku atau pengambil kebijakan bisa membuat keputusan penting berbasis data. Setiap keputusan yang diambil yang didasarkan kepada analisa data yang akurat akan memberikan efek besar bagi tata kehidupan masyarakat.

Tata Kelola Jaringan Komputer
Tata Kelola jaringan komputer harus selalu memperhatikan faktor keamanan data serta informasi yang ada didalamnya. karena ada banyak orang yang menginginkan sistem tersebut gagal beroperasi. Sehingga data-data yang tersimpan pada sistem tersebut menjadi tidak bisa diakses. Contoh kasus yang terjadi adalah situs kepresidenan yang sempat dibobol oleh para cracker (detikinet.com, 18 Maret 2007, 12:13), dimana cracker tersebut memanfaatkan celah keamanan yang ada pada Domain Names System (DNS) yang tersimpan pada Server DNS dan membelokkannya (re-direct) ke alamat IP tertentu yang telah berisi informasi yang dimiliki oleh cracker tersebut (phising).
Selain faktor keamanan, pengelolaan user, koneksi jaringan, pengaturan name server, konfigurasi http server, mail server, storage, IP sharing, merupakan bagian-bagian yang juga harus selalu dijaga sehingga indikator kinerja jaringan dapat terjaga dengan baik. Bila hal ini dapat dicapai maka daya dukung sistem informasi dan teknologi informasi terhadap pengelolaan pemerintahan yang baik dapat optimal.

Pelatihan
ComLabs USDI-ITB menyelenggarakan pelatihan teknologi informasi dengan topik Tata Kelola Jaringan Komputer dan Sistem Informasi untuk Institusi Pemerintahan. Pelatihan ini merupakan program untuk mengembangkan kemampuan SDM di bidang komunikasi dan informatika, serta SDM di dinas-dinas yang memiliki sistem informasi yang digunakan untuk kepentingan data dan informasi serta telematika daerah.

Pelatihan Tata Kelola Jaringan Komputer dan Sistem Informasi memberikan materi dengan lingkup sistem operasi (Unix/Linux Server), pengelolaan user, pemutakhiran konsep jaringan (TCP/IP), DNS Server, pengelolaan http server, database server (AMP), mail server, storage, dan pemutakhiran sistem keamanan jaringan (security).

Tujuan Pelatihan
Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi staf bidang data dan informasi, komunikasi dan informatikan, serta pengelolaan jaringan sehingga mampu untuk men-setup, menjaga, dan memeliharan sistem jaringan komputer yang ada diinstitusinya masing-masing.

Peserta Pelatihan
staf adminstrator jaringan, staf teknisi jaringan komputer, pengembang sistem informasi, penanggung jawab jaringan.

Setelah Mengikuti Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan peserta akan dapat melakukan instalasi, mengatur konfigurasi Unix/Linux sesuai dengan kebutuhan, administasi sistem, administrasi sistem jaringan dan aspek keamanan, serta mampu membangun dan melakukan troubleshooting pada server menggunakan berbasis sistem operasi Unix/Linux.

Durasi Pelatihan
Sistem moduler, 24 jam (3 hari)
Waktu dan Tempat Pelatihan
Pelatihan diselenggarakan di ComLabs USDI-ITB Gedung TPB-ITB Jln Ganesha No. 10 Bandung.
Fasilitas Pelatihan (intensif ekslusif)
Fasilitas Pelatihan meliputi fasilitas kelas, perangkat pelatihan, akomodasi, sertifikat. Secara rinci fasilitas tersebut adalah sebagai berikut :
1. Instruktur berpengalaman,
2. Kelas eksklusif,
a. Kelas kecil (maksimal 4 peserta)
b. Nyaman
c. Ruangan ber AC
d. Perangkat presentasi menggunakan video proyektor
3. Komputer & Peripheral
a. 1 orang per PC
b. Komputer highend, P4 Processor, RAM 512 MB, Hardisk 40 GB,
c. USB Flashdrive 512 MB.
4. Perangkat Pelatihan
a. Modul Pelatihan
b. Tas eksklusif
c. Alat tulis (Bloknote & ballpoin)
d. Suvenir
e. CD Materi Pelatihan & Trial Program
5. Akomodasi
a. Snack 2 x sehari
b. Makan siang
6. Sertifikat

Profil ComLabs
ComLabs USDI-ITB merupakan institusi TI yang berada di bawah Unit Sumber Daya Informasi (USDI) Institut Teknologi Bandung. ComLabs bertugas menjadi pusat layanan pengguna teknologi informasi di ITB.

Sampai saat ini ComLabs USDI-ITB telah memberikan layanan IT kepada segenap civitas ITB yang meliputi layanan akses publik, akses zona hotspot ITB, komputer dan internet, e-learning dan layanan pelatihan teknologi informasi.

Di bidang pelatihan teknologi informasi, setiap tahun ComLabs USDI-ITB melayani lebih dari 3500 peserta yang terdiri dari civitas akademik Institut Teknologi Bandung, mahasiswa, perwakilan/utusan dari institusi, dan umum dalam bidang pengembangan kompetensi teknologi informasi, melalui program workshop teknologi informasi dan komunikasi (WTIK), pelatihan IT reguler (ComLabs IT Courses), dan pelatihan IT intensif.

Sebagai lembaga layanan di bidang Teknologi Informasi, ComLabs menjadikan visi ‘Information Technology Services in ITB’ sebagai acuan standar pengembangan dan penyelenggaraan program-programnya. Visi ini diwujudkan dengan meningkatkan produk layanan yang diberikan serta memutakhirkan perangkat-perangkat serta fasilitasnya serta senantiasa memberikan dukungan dalam mengimplementasikan infrastruktur teknologi informasi terkini di lingkungan Institut Teknologi Bandung.

Jadwal Pelatihan
Gel I : 25 s.d 28 April 2007 (3 hari)
Gel II : 23 s.d 26 Mei 2007(3 hari)

Informasi Pelatihan :

ComLabs USDI-ITB
Jalan Ganesha No. 10 Bandung 40132 Telp./Fax. 022-2516760
Email : arief@comlabs.itb.ac.id
Mobile: 081 22 04 22 06 (arief)


arief